Cara mudah membuat model Tulisan ETS 2.
Hallo sobat semua pada kesempatan kali ini caramudah.tech
akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat model tulisan ETS 2. Sudah tidak
asing lagi bagi para modder ETS 2 mengenai model. Bagi modder ets 2 yang ingin membuat map pasti membutuhkan model. Apalagi jika kita membuat map untuk daerah kita sendiri pasti setiap daerah kita mempunyai ciri khas seperti bangunan rumah, gapura selamat datang, Tulisan nama daerah, dan lain- lain.. kesemua nya itu bisa kita buat melalui beberapa aplikasi. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan aplikasi blender untuk membuat model tulisan ETS 2. Namun sebelum lanjut ke pembahasan, admin sebelumnya sudah membuat tutorial model ETS 2. Mulai dari persiapan alat dan bahan, tekturing dan pemberian script. Nah apabila sobat mengalami kendala dalam membuat model tulisan, saya harap sobat bisa membaca tutorial saya sebelumnya. Karena pada umumnya hampir sama. Jika sobat semua bisa membuat model ETS 2 sebelumnya, saya pastikan sobat juga bisa membuat model tulisan ETS2.
Cara membuat model tulisan ETS 2
Setelah terbuka hapus object kubus dengan cara tekan tombol x lalu delete
Setelah object kubus terhapus, silahkan sobat tambahkan object tulisan dengan cara add-text.
Setelah itu tekan tombol Tab pada keyboard setelah itu ketik tulisan yang sobat ingini. Pada kesempatan kali ini saya menulis
www.caramudah.tech.
jika sudah selesai menulis, arahkan kursor ke tab yang bergambar huruf F (disamping tab material) lalu extrude. Pada kesempatan kali ini saya mengxtrude sampai di angka 100.
Pastikan tulisan sudah terbentuk sempurna. setelah itu berdirikan text nya dengan cara menekan tombol R lalu X.
Jika sudah selesai menulis silahkan export object nya dengan cara: buka menu file-export-wavefront.(obj). Setelah itu simpan di folder yang sudah sobat sediakan.
- Buat project baru lalu import obj
Setelah selesai kita export saat nya kita membuat project baru dengan cara klik menu file-new.
maka akan muncul kembali object kubus. Setelah itu kita hapus lagi object kubus nya dengan cara tekan tombol X lalu delete. Jika object kubus sudah terdelete silahkan kita import object yang sudah kita simpan tadi. caranya:
buka menu file-import-wavefront.(obj) lalu ambil object yang sudah kita simpan.
maka akan tampil seperti ini.
1.Sebelum lanjut pastikan sobat sudah membuat folder di dekstop.
2.Sudah menyimpan file tga untuk memberi tekstur.
3.Sudah mengatur SCS Project base path
4.Sudah mengatur Default export path. jika masih kebingungan dengan pengaturan folder sobat bisa baca
disini.Memberi tekstur
Yang pertama silahkan sobat buka tab data object data di sebelah kiri tab material. Lalu tambahkan uvmap.
lalu buka tab material. Setelah itu pilih new-- shader presets pilih dif.spec-shadow-lalu add colors to active. Lalu untuk tekstur ambil gambar yang sudah berformat tga
untuk maping pilih uv map.. untuk melihat object berubah warna ganti menjadi material
Catatan.
cara agar model bercahaya pada malam hari sobat cukup dengan mengganti dif spec. menjadi dif.lum
Pastikan object sudah ke object mode. Setelah itu silahkan sobat pilih scs yang ada di sebelah kiri
Lalu add root. Setelah itu rename text menjadi model_tulisan.
silahkan klik tombol export.
untuk mod folder path silahkan sobat arahkan di desktop
untuk modname buat jadi modeltulisan
untuk packmod silahkan klik tombol packmod
Silahkan sobat rubah script menjadi sepert ini. Setelah itu save jangan sampai salah
Setelah itu copy kan ke folder mod ETS 2.
Setelah itu sobat jalan kan, model tulisan ada di kategori tutorial
Selamat mencoba. Semoga sobat berhasil
Untuk susunan folder yang saya buat
Folder "tulisan"
Di dalam folder tulisan buat folder def, material,model_Tulisan.
0 Response to "Cara Membuat Model Tulisan ETS 2"
Post a Comment