Cara Membuat Model ETS 2
cara membuat model ets 2. Hallo sobat semua. Pada kesempatan kali ini caramudah.tech akan memberikan tutorial membuat model ETS 2.
Cara membuat model ETS 2
1. Alat dan bahan
Alat
- komputer/laptop
Bahan
- Aplikasi Blender (saya menggunakan versi 2.78)
- Easy2 covert PNG to TGA (fungsinya adalah untuk mengconvert tekstur dari format png ke tga)
- Easy2 convert TGA to PNG (fungsinya adalah untuk mengconvert tekstur dari format tga ke png)
- Software aplikasi design gambar seperti Photoshop, CorelDraw, Paint) Pada kesempatan kali ini saya menggunakan paint untuk editing gambar nya. apabila sobat ingin menggunakan aplikasi lain di persilahkan.
- Blender tools sesuai versi untuk memasang addon kedalam blender
- Coverter pmd ke pim(fungsinya untuk merubah model pmd menjadi pim agar dapat di import oleh blender
- Conversartion tools( fungsinya untuk mengkonvert pim ke pmd) gunakan sesuai versi game ets 2 sobat
Setelah itu di dalam folder model silahkan sobat buat kembali folder yaitu: folder alat dan folder tekstur
- "Alat" (pindahkan blender tools , coveret pmd ke pim dan conversation tools, jika file masih beformat winrar silahkan extract terlebih dahulu)
- "Tekstur" folder ini digunakan untuk menyimpan tekstur yang sudah kita buat masih berformat PNG
Lalu buat folder “balok” di Dekstop. Setelah itu di dalam folder balok buat lagi folder
Setelah selesai membuat folder, sekarang kita buka folder Alat/Blender tools/addon. Nah, Di dalam folder addon terdapat folder yang beranama io_scs_tools. folder ini kita copy ke instalan blender kita.
Contoh lokasi blender saya (localdisk D: blender/blender2.78/script/addon) lalu pastekan io_scs_tools yang sudah kita copy di dalam folder addon ditempat installan blender.
Setelah kita selesai melakukan pemindahan kita lanjutkan untuk membuka aplikasi blender.
jika sudah terbuka lakukan sebagai berikut.
- file lalu user preferences. Lalu akan muncul jendela baru
Berikut tampilannya
Selanjutnya
- Pilih tab add-ons
- Dikotak pencarian ketikaan scs
- Beri centang addonya
- Klik rerfesh
- Klik save user setting
- Lalu kita close window dan kembali ke tampilan awal
Berikut tampilannya
Lalu Sebelum membuat model ETS 2 kita mengatur scstoolsnya di masing masing tab nya agar berpindah ke atas.
berikut tampilan tab nya
1. silahkan sobat di perhatikan apa saja nama dari tab ini
2. lalu coba perhatikan tampilan scstools nya
Untuk menaikkan scstools itu terserah sobat ya. Fungsi dinaikkan agar kita lebih mudah, namun jika tidak ingin menaikkan juga tidak bermasalah. Tapi saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menaikkannya.
Cara menaikkanya
Silahkan sobat klik tahan gambar label No 1 yang ada di gambar, lalu geser ke atas lakukan di masing 2 tab yang ada scs nya
Setelah sobat menaikan scs nya , sekarang silahkan sobat buka tab scene
berikut tampilannya
Pada tab SCS Project Base Path pilih folder “balok” yang ada di dekstop
Pilih label warna kuning untuk memilih folder nya, setelah kita pilih lalu klik select SCS Project directory.
Berikut tampilannya
lalu Untuk tab shader preset library biasanya Otomatis
untuk tab conversation tools path silahkan ambil dari folder “alat” yang sudah kita buat di awal tutorial . lalu buka folder conversation tools lalu pilih select shader preset library file
nah selesai. Setelah selesai silahkan sobat tekan CTRL + U lalu pilih save startup file
Mengenai rinci pembahasan folder yang ada di dekstop
Buat folder balok di desktop
lalu di dalamnya buat folder
Buat folder balok di desktop
lalu di dalamnya buat folder
- def
- material
- Model_balok
di dalam folder def berisi folder world. di dalam folder world berisi file seperti gambar ini
untuk folder material berisi file seperti ini
untuk mendapatkan file yang ada di dalam world silahkan sobat ambil di folder def game ETS . Untuk memunculkan folder world di dalam folder def, silahkan sobat extract dulu def nya menggunakan scs extractor
untuk mengambil file di dalem folder material silahkan sobat ambil dari folder base ETS2. untuk mendapatkan nya silahkan sobat extract terlebih dahulu base nya menggunakan scsextractor
Setelah tercopy silahkan lanjutkan tutorialnya.
untuk mengambil file di dalem folder material silahkan sobat ambil dari folder base ETS2. untuk mendapatkan nya silahkan sobat extract terlebih dahulu base nya menggunakan scsextractor
Setelah tercopy silahkan lanjutkan tutorialnya.
2. Cara membuat model ETS 2
Cara membuat model ets2 saya hanya membuat model sederhana ya sobat,
Yaitu model balok. Saya buat sederhana agar semoga sobat juga mudah memahami nya. Namun jika sobat ingin melihat cara pembuatan model di blender yang lain, sobat bisa cari tutorialnya di tempat lainLangsung saja kita mulai. Nah, pada tampilan awal blender itu sudah berbentuk kubus, namun karena saya ingin membuat model balok tentunya kubus nya akan saya ubah menjadi berbentuk balok.
kita harus merubah object mode menjadi edit mode. Cara nya adalah :
tekan tombol tab
Maka akan berubah menjadi seperti ini.
lalu tekan ctrl+tab lalu pilih face sehingga seperti ini
sehingga seperti ini
Setelah itu kita klik kanan sisi nya lalu tekan E lalu tekan 3 untuk mengextrude
Sehingga menjadi gambar seperti ini
Selesai untuk pembuatan model balok nya. Nah, cukup simpel kan? iya dong karena hanya model balok.
3. Pemberian texture model ETS 2
Pada cara membuat model ets 2 akhirnya kita sampai pada tahap pemberian tekstur
Langsung saja utuk pemberian tekstur pada model ets2 buatan sendiri yang pertama kita harus persiapkan adalah tekstur nya.
Size tektur harus berukuran 2,4,8,16,32,64,128,256,512 dan seterusnya. Contoh 256x256. Setelah itu silahkan simpan file PNG di folder tekstur yang sudah kita buat pada tahap pertama.
Setelah itu silahkan sobat buka easy2Convert PNG to TGA utuk merubah png menjadi tga. setelah sobat ubah file nya, silahkan file tga nya sobat simpan di folder Model_balok yang ada di folder balok.
Nah setelah itu silahkan buka blendernya kembali. Pilih tab cube dan scrol ke bawah + kan uv map
seperti ini tampilannya
Langsung saja utuk pemberian tekstur pada model ets2 buatan sendiri yang pertama kita harus persiapkan adalah tekstur nya.
Size tektur harus berukuran 2,4,8,16,32,64,128,256,512 dan seterusnya. Contoh 256x256. Setelah itu silahkan simpan file PNG di folder tekstur yang sudah kita buat pada tahap pertama.
Setelah itu silahkan sobat buka easy2Convert PNG to TGA utuk merubah png menjadi tga. setelah sobat ubah file nya, silahkan file tga nya sobat simpan di folder Model_balok yang ada di folder balok.
Nah setelah itu silahkan buka blendernya kembali. Pilih tab cube dan scrol ke bawah + kan uv map
seperti ini tampilannya
Setelah itu sobat pilih tab material ambil file tga di folder yang sudah kita buat tadi
Sebelumnya rubah view port shading menjadi material agar ketika memberi tekstur model yang kita buat langsung berubah warna
cara merubah ke material
Setelah itu sobat pilih tab material untuk memberi tekstur,
shader preset pilih dif.spec ---- Shadow---- add vertex colors to aktive
Sebelumnya rubah view port shading menjadi material agar ketika memberi tekstur model yang kita buat langsung berubah warna
cara merubah ke material
shader preset pilih dif.spec ---- Shadow---- add vertex colors to aktive
untuk tekture ambil file tga di folder yang sudah kita buat pada tahap pertama
untu maping pilih uv map
untu maping pilih uv map
Setelah pilih tab scs tool namun sebelum memilih scstool pastikan object di ganti menjadi object mode. lalu pilih add root dan ganti game_object menjadi Model_balok
berhubung kita hanya menggunakan 1 cube kita tidak perlu menggeser cube yang lain karena hanya satu. tapi jika sobat membuat banyak cube silahkan gabungin masing2 cube lalu addroot dan ganti namanya
4.Export dan packmod model
untuk export model dan packmod model silahkan buka tab scene.
Lalu scroll ke bawah, untuk default export path silahkan pilih folder Model_balok lalu pilih export, setelah selesai silahkan cek terlebih dahulu. Jika benar maka akan tampil file seperti ini.
Setelah itu kita kembali membuka blender. Lalu pilih folder mod folder path, silahkan kita pilih dekstop. setelah itu accept.
mod name nya kita ganti menjadi modelbalok.
Lalu pilih packmood. jika berhasil makan akan muncul file baru di dekstop dalam bentuk rar yaitu file modelbalok(lihat gambar di atas)
pemberian script pada model
Setelah itu buka file modelbalok yang ada di dekstop. Setelah itu buka folder def lalu buka world lalu buka file model lalu rename file model menjadi modelsaya lalu buka file menggunakan notepad. setelah terbuka hapus script yang ada di dalamnya lalu ganti menjadi sript seperti ini.
Setelah itu save lalu pindahkan file rar ini ke folder mod ets2. Setelah itu kita buka ets 2 dan buka map editor.
model kita berada di kategori tutorial..
Baiklah sudah selesai, semoga sobat semua yang mengikuti tutorial cara membuat model ets2 ini berhasil ya. Jika ada problem silahkan hubungi saya melalui kontak. Terimah kasih
Jika ada salah kata mohon maaf. ..assalamualaikum
Excellent post and very informative as well. Your knowledge appears very well on this topic and the way you have explained it, any new person can understand it easily. I would like you to keep writing like this and share your information with us. hp laptop backpack price , ac kambal price in pakistan ,
ReplyDelete